Promotion Mix

Untuk meningkatkan penjualan suatu produk dibutuhkan sebuah strategi pemasaran yang efektif dan terpadu, diantaranya dalam bentuk Promotion Mix.
Promotion mix dilakukan dalam lima bentuk usaha pemasaran, yaitu :
1) Advertising (Iklan)
2) Sales Promotion (Promosi Penjualan)
3) Public Relations (Hubungan Masyarakat)
4) Personal Selling (Penjualan Langsung)
5) Direct Marketing (Pemasaran Langsung)
Berikut ini adalah beberapa contoh kasus promotion mix yang dilakukan oleh perusahan dalam upaya untuk meningkatkan penjualannya.



PT Unilever berusaha meningkatkan penjualannya pada produk sabun Lifebouy dengan memasang iklan di beberapa stasion televisi, surat kabar, majalah, radio, dan pemasangan billboard.



selain itu pihak Unilever juga memberikan hadiah langsung berupa uang yang diselipkan didalam produk sabun Lifebouy untuk kemasan tertentu.



Upaya dibidang PR, pihak Unilever mengadakan bhakti sosial pada kegiatan gerakan cuci tangan di beberapa sekolah dasar dengan membangun tempat-tempat cuci tangan dan penyediaan.



Lifebouy juga memberikan nomer telepon/customer care yang dapat menghubungi Suara Konsumen bebas pulsa 0-800-1-558000, pulsa bayar 021-52995299. serta Lifebouy juga memiliki website http://www.lifebuoy.co.id. Direct Marketing menjadikan konsumen lebih dekat dengan Lifebouy.

0 comments:

Post a Comment