UTS marcomm

WAYANG
Pada produk game console ini saya memilih nama “Wayang” sebagai nama produk (merek). Dalam bahsa jaw, kata Wayang berarti “bayangan”, jika di tinjau dari arti filsafatnya “Wayang” dapat di artikan sebagai bayangan atau pencerminan dari sifat-sifat yang ada di dalam jiwa manusia. Wayang adalah suatu alat untuk memperagakan suatu cerita yang selalu dikendalikan oleh manusia. Oleh karena itu, saya memilih nama “Wayang” untuk merek game console mobile ini. Karena namanya yang sangat khas Indonesia sekali dan juga game ini sama-sama dikendalikan oleh manusia.

Penetapan Marketnya
Segmentasi pada produk game console mobile ini di khususkan untuk anak-anak hingga remaja dewasa (sekitar usia 10 – 25 tahun) yang senang memanfaatkan waktu luang dengan permainan digital yang dapat dimainkan dimana saja. Harga produk ini di sesuaikan oleh perekonomian masyarakat yang selalu tergoda dengan sesuatu hal yang harganya relative terjangkau. Sehingga bukan hanya masyarakan menegah keatas saja, tetapi masyarakat yang menengah kebawah dapat menikmati permainan digital yang tidak kalah dengan fitur-fitur game console mobile lainnya. Produk ini juga akan masuk ke dalam segala golongan ras / agama di Indonesia yang memiliki berbagai keragaman.
Pola target dari “wayang adalah product specialization yaitu, hanya berkonsentrasi daalam membuat produk elektronik game console mobile. Produk ini yang nantinya di tujukan kepada anak-anak hingga remaja dewasa debgan perekonomian menegah kebawah yang selalu mengisi Waktu luang dengan bermain game console mobile.

Positioning
Pada. Produk ini saya akan memakai tag line yaitu, "inovasi terbaik anak bangsa". Ini menunjukan bahwa game yang terdapat di game console mobile ini asli buatan lokal. Lalu dengan membuat iklan yg memakai efek 3D sebagai sebuah simbol bahwa game console mobile ini berbasis 3D. Agar lebih melekat pada sasaran target kita memilih brand ambassador kakak beradik (dimana adiknya kurang lebih berusia 10 tahun dan kakaknya sekitar usia 18 tahun) yang sedang bermain Wayang game console mobile secara wireless. Dengan ini sangat menunjukkan sekali bahwa Wayang game console ini dibuat untuk ditujukan kepada anak-anak hingga remaja dewasa.

Penetapan Ekuitas Merek
Ekuitas Merek adalah seperangkat aset dan keterpercayaan merek yang terkait dengan merek tertentu, nama dan atau simbol, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa, baik bagi pemasar/perusahaan maupun pelanggan.
Bagi pelanggan, ekuitas merek dapat memberikan nilai dalam memperkuat pemahaman mereka akan proses informasi, memupuk rasa percaya diri dalam pembelian, serta meningkatkan pencapaian kepuasan. Nilai ekuitas merek bagi pemasar/perusahaan dapat mempertinggi keberhasilan program pemasaran dalam memikat konsumen baru atau merangkul konsumen lama. Hal ini dimungkinkan karena dengan merek yang telah dikenal maka promosi yang dilakukan akan lebih efektif.
Ekuitas merek memiliki 4 dimensi , yaitu :
·  Pengetahuan akan merek (brand awareness)
·  Kualitas yang dipercaya dikandung sebuah merek
·  Asosiasi-asosiasi
·  Kesetiaan merek (brand loyalty)
Keempat dimensi ekuitas merek dipercaya dapat memengaruhi alasan pembelian konsumen. Ketiga dimensi pertama yaitu pengetahuan akan merek, kualitas yang dipercaya, dan asosiasi-asosiasi dianggap penting dalam proses pemilihan merek, ketiganya dapat mengurangi keinginan atau rangsangan konsumen untuk mencoba-coba merek lain (kesetiaan merek).
“Wayang” akan membangun brand awareness diantara game console mobile lainnya yang ada di pasaran yang lebih dahulu meluncurkan. Tema iklan dengan tagline “ inovasi terbaik anak bangsa” ini sangat menentukan sekali ddi benak masyarakat bahwa produkini memang asli produk local. Dengan melakukan berbagai promosi, dapat diketahui bahwa Wayang akan mampu menyaingi kompetitornya (produk ternama buatan Jepang).
Dengan adanya fitur yang tidak dimiliki oleh produk game console mobile lainnya menjadikan produk ini akan di tempatkan di hati penggunanya dan memimpin produk game console mobile local ini dengan inovasi yang sangat dahsyat. Dari mulai harga yang terjangkau (di bawah Rp 1.000.000,-) dan aplikasi game sebanyak 76 permainan dengan berbasis 3D. Wayang tidak hanya mengeluarkan satu produk. Tetapi akan terus mengikuti perkembangan zaman.
 

0 comments:

Post a Comment